Akreditasi Bukan Faktor Utama Putus Kerja Sama RS dengan BPJS Kesehatan

Putusnya kerja sama rumah sakit dengan BPJS Kesehatan bukan hanya karena faktor akreditasi semata. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab.

Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan BPJS Kesehatan Budi Mohammad Arief mengungkapkan, ada juga rumah sakit yang diputus kerja samanya karena tidak lolos kredensialing. Kredensialing merupakan kegiatan peninjauan dan penyimpanan data-data faskes berkaitan dengan pelayanan profesi.

Cari Solusi untuk BPJS Kesehatan, IDI Akui Sering Adakan Diskusi
Atasi Defisit BPJS Kesehatan, Dana Talangan Bukan Solusi Terbaik bagi Rumah Sakit
Hal ini mencakup lisensi, riwayat malpraktik, analisa pola praktik, dan sertifikasi. Kredensialing termasuk kegiatan BPJS Kesehatan untuk melakukan kualifikasi terhadap faskes.

“Selain itu, ada juga rumah sakit yang sudah tidak beroperasi atau Surat Izin Operasionalnya sudah habis masa berlakunya,” lanjut Budi dalam keterangan rilis, Kamis (2/5/2019).

Selama proses pemutusan kerja sama rumah sakit dan BPJS Kesehatan, hal itu juga mempertimbangkan pendapat Dinas Kesehatan dan/atau Asosiasi Fasilitas Kesehatan setempat. Upaya ini bertujuan memastikan bahwa pemutusan kontrak tidak mengganggu pelayanan rumah sakit kepada masyarakat.

Di sisi lain, kriteria teknis yang menjadi pertimbangan BPJS Kesehatan untuk menyeleksi fasilitas kesehatan yang ingin bergabung dilihat dari sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten), kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen pelayanan

Sumber :https://www.liputan6.com/tag/rumah-sakit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s