Lokakarya Keperawatan

Pelayanan Keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan di rumah sakit yang mempunyai kontribusi besar dalam penentuan kualitas pelayanan kesehatan. Dalam era Safety seluruh pemberi layanan kesehatan dituntut untuk memberikan layanan secara berkualitas, efektif dan efisien. Kebijakan asuhan berpusat pada pasien juga berdampak pada pemberian layanan yang tidak lagi berfokus pada fee for service namun mengedepankan interkolaborasi professional. Interkolaborasi professional menuntut adanya clinical pathway yang menjadi panduan bagi seluruh tim kesehatan melaksanakan asuhan pada pasien secara efektif. Selama ini istilah clinical pathway lebih cenderung melekat pada medicine pathway padahal seharusnya tidaklah demikian. Perawat mempunyai kontribusi dalam nursing pathway karena 24 jam perawat yang terlibat langsung dalam asuhan keperawatan, namun saat ini pemahaman dan juga implementasinya masih belum optimal.

Workshop Keperawatan ini akan memberikan pemaparan yang lebih menyeluruh terkait kebijakan interkolaborasi profesional, asuhan keperawatan yang professional, clinical dan nurse pathway serta praktek pengembangan dan implementasi pathway dalam keperawatan. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini keperawatan dapat bersama-sama meningkatkan mutu pelayanan keperawatan

  1. Tujuan Workshop

Setelah mengikuti kegiatan workshop keperawatan diharapkan peserta:

  1. Memahami Kolaborasi Interprofesional
  2. Memahami Asuhan dan dokumentasi terintegrasi
  3. Memahami Integrated Clinical  Care Pathway
  4. Memahami Panduan Asuhan Keperawatan dan Nurse Pathway

II.Narasumber

  1. Ketua Umum PERSI (Dr.dr. Sutoto, M.Kes)
  2. Ketua Kompartemen Keperawatan PERSI
  3. Pakar Manajemen & Tim PERSI (dr. Joni Darmajaya, SpB,MARS)
  4. Tim Komparten Keperawatan PERSIdan Pengajar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (Dr. Rr. Tutik Sri Hariyati, SKp, MARS)

 

HATI HATI TERHADAP PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PERSI SUMATERA UTARA