Lokakarya INA CBGs

Mulai 1 Januari 2014 Jaminan Kesehatan Nasional telah ditetapkan di Indonesia dengan menggunakan SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional).Seluruh fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas dan balai pengobatan dituntut untuk mengendalikan biaya seefisien mungkin tanpa meninggalkan kualitas pelayanan kepada pasien. Namun permasalahan yang masih dihadapi oleh fasilitas pelayanan kesehatan saat ini adalah kurangnya tenaga perekam medis, khususnya Koder baik secara kuantitas maupun kulaitas. Kode diagnosis yang keliru dapat berdampak pada besaran klaim dan penolakan klaim. Tenaga Perekam Medis (Koder) harus terampil dengan berbekal berbagai pengetahuan pendukung yang baik. Oleh karena itu Kompetensi tenaga Perekam Medis (Koder) sangatlah memegang peranan penting karena dalam pelaksanaan Case Mix INA CBG’s, pengkodean sangat menentukan.

Sehubungan permasalahan diatas, PERSI Propinsi Sumatera Utara akan menyelenggarakan pelatihan Koding yang disajikan oleh para nara sumber yang berkompeten dibidangnya, diharapkan ilmu tersebut dapat diserap oleh peserta sehingga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Pada kesempatan ini kami mengundang para manajer rumah sakit, staf perencanaan pengendalian mutu, manajer dan praktisi rekam medis, dokter, perawat dan tenaga kesehatan lain yang berminat untuk mengikuti pelatihan ini

TUJUAN

  1. Mampu menetapkan kode diagnosis berdasarkan ICD-10 edisi terbaru
  2. Mampu melakukan pengkodean diagnosis dalam system INA CBGs
  3. Mengetahui perkembangan terbaru system Ina CBGs

PESERTA

  1. Kepala Instalasi/Unit/Sub Bag Rekam Medis RS
  2. Praktisi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  3. Tenaga Koder di RS dan Puskesmas
  4. Dosen/pengajar pada Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  5. Petugas Verifikasi Pembayaran Klaim
  6. Mahasiswa D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  7. Tenaga Kesehatan lainnya yang berminat

HATI HATI TERHADAP PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PERSI SUMATERA UTARA